Langsung ke konten utama

Tahun Ini, Disdik PekanbaruTargetkan 30 Sekolah Raih Adiwiyata Nasional



PEKANBARU - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru menargetkan 30 sekolah di Pekanbaru bisa mendapatkan penghargaan Adiwiyata tahun 2015.

Hal ini disampaikan Kepala Disdik Kota Pekanbaru Prof  Zulfadil kapada wartawan, Kamis (11/6/2015). Ia mengatakan penghargaan Adiwiyata tingkat nasional ini menjadi kebanggaan sekolah. Oleh karenanya sekolah perlu berlomba untuk mencapai Adiwiyata tersebut.

"Tahun ini kita targetkan 30 sekolah yang menerima adiwiyata nasional. Dan penilaian memang sudah dilakukan," ujar Zulfadil.

Zulfadhil menjelaskan penilaian Adiwiyata sendiri ada beberapa tingkatan, baik tingkat provinsi dan tingkat nasional. Sedangkan sekolah yang berhak mendapatkan Adiwiyata yakni yang peduli dan berbudaya lingkungan. "Sekolah yang kita targetkan terdiri dari SD, SMP, dan juga SMA," jelasnya.

Ketika sekolah sudah meraih Adiwiyata, maka tingkatan selanjutnya adalah Adiwiyata Mandiri. Di mana sekolah tersebut perlu memperjuangkan setidaknya 10 sekolah menjadi binaannya bisa meraih Adiwiyata tingkat nasional.

"Untuk ke arah Adiwiyata Mandiri salah satu syaratnya sekolah itu harus mempuyai 10 sekolah binaan. Dan ke-10 sekolah itu harus meraih Adiwiyata tingkat nasional," tutupnya.

Sekedar informasi, tahun ini ada lima sekolah di Kota Pekanbaru yang meraih Adiwiyata Nasional yaitu SDN 148, SMPN 20, SMAN 4, SMAN 5, dan MAN 1.

Penulis : Unik Susanti
Editor : Yusni Fatimah

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tembang Macapat Pangkur dan Maknanya

Tembang macapat pangkur banyak digunakan pada tembang-tembang yang bernuansa Pitutur (nasihat), pertemanan, dan cinta. Baik rasa cinta kepada anak, pendamping hidup, Tuhan dan alam semesta. Banyak yang memaknai tembang macapat pangkur sebagai salah satu tembang yang berbicara tentang seseorang yang telah menginjak usia senja, dimana orang tersebut mulai mungkur atau mengundurkan diri dari hal-hal keduniawian. Oleh karena itu sangat banyak tembang-tembang macapat pangkur yang berisi nasihat-nasihat pada generasi muda. (baca juga : Macapat Pangkur, Meninggalkan Urusan Duniawi) Salah satu contoh tembang macapat pangkur yang populer di masyarakat adalah karya KGPAA Mangkunegoro IV yang tertuang dalam Serat Wedatama, pupuh I, yakni : Mingkar-mingkuring ukara (Membolak-balikkan kata) Akarana karenan mardi siwi (Karena hendak mendidik anak) Sinawung resmining kidung (Tersirat dalam indahnya tembang) Sinuba sinukarta (Dihias penuh warna ) Mrih kretarta pakartining ilmu luhun

Bedanya Skripsi, Tesis, Disertasi, Karya Ilmiah , Makalah, Dan Paper

Karya ilmiah merupakan hasil paduan berpikir ilmiah melalui penelitian. Karya ilmiah disusun secara sistematis berdasarkan kaidah berpikir ilmiah, yang karena itu, sangat sulit dihasilkan oleh mereka yang tidak mempelajari dan memahami aturan dan prosedur keilmiahan. Karya ilmiah bertumpu pada berpikir ilmiah, yaitu: berpikir deduktif dan induktif. Adapun karya ilmiah dapat dipilah menjadi:  1. Makalah Lazimnya, makalah dibuat melalui kedua cara berpikir tersebut. Tetapi, tidak menjadi soal manakala disajikan berbasis berpikir deduktif (saja) atau induktif (saja). Yang penting, tidak berdasar opini belaka. Makalah, dalam tradisi akademik, adalah karya ilmuwan atau mahasiswa yang sifatnya paling ‘soft’ dari jenis karya ilmiah lainnya. Sekalipun, bobot akademik atau bahasan keilmuannya, adakalanya lebih tinggi. Misalnya, makalah yang dibuat oleh ilmuwan dibanding skripsi mahasiswa. Makalah mahasiswa lebih kepada memenuhi tugas-tugas pekuliahan. Karena itu, aturannya ti

HAKIKAT SHOLAT MENURUT SYEKH SITI JENAR

http://www.javalaw-bmg.blogspot.com Peliharalah shalatmu dan shalat wustha. Berdirilah untuk Allah (dalam shalat) yang khusyuk (QS Al. Baqarah / 2:238). Ini adalah penegasan dari Allah tentang kewajiban dan keharusan memelihara shalat, baik segi dzahir maupun batin dengan titik tekan khusyuk, kondisi batin yang mantap. Secara lahir, shalat dilakukan dengan berdiri, membaca Al-Fatihah , sujud, duduk dsb. Kesemuanya melibatkan keseluruhan anggota badan. Inilah shalat jasmani dan fisikal. Karena semua gerakan badan berlaku dalam semua shalat, maka dalam ayat tersebut disebut shalawaati (segala shalat) yang berarti jamak. Dan ini menjadi bagian pertama, yakni bagian lahiriah. Bagian kedua adalah tentang shalat wustha, yaitu yang secara sufistik adalah shalat hati. Wustha dapat diartikan pertengahan atau tengah-tengah. Karena hati terletak di tengah, yakni di tengah diri, maka dikatakan shalat wustha sebagai shalat hati. Tujuan shalat ini adalah untuk mendapatkan kedamaian dan