Perjalanan
beliau dalam Menuntut Ilmu
Ibnul Qayyim
rahimahullah tumbuh berkembang di keluar yang dilingkupi dengan ilmu, keluarga
yang religius dan memiliki banyak keutamaan. Ayahanda, Abu Bakar bin Ayyub
az-Zura’i beliau adalah pengasuh di al-Madrasah al-Jauziyah. Disinilah al-Imam
Ibnul Qayyim rahimahullah belajar dalam asuhan dan bimbingan ayahanda beliau
dan dalam arahannya yang ilmiyah dan selamat.
Dalam usia
yang relatif beliau, sekitar usia tujuh tahun, Imam Ibnul Qayyim telah memulai
penyimakan hadits dan ilmu-ilmu lainnya di majlis-majlis para syaikh/guru
beliau. Pada jenjang usia ini beliau rahimahullah telah menyimak beberapa juz
berkaitan dengan Ta’bir ar-Ruyaa (Tafsir mimpi) dari syaikh beliau Syihabuddin
al-‘Abir. Dan juga beliau telah mematangkan ilmu Nahwu dan ilmu-ilmu bahasa
Arab lainnya pada syaikh beliau Abu al-Fath al-Ba’labakki, semisal Alfiyah Ibnu
Malik dan selainnya.
Beliau juga
telah melakukan perjalan ke Makkah dan Madinah selama musim haji. Dan beliau
berdiam di Makkah. Juga beliau mengadakan perjalanan menuju Mesir sebagaimana
yang beliau isyaratkan dalam kitab beliau Hidayah al-Hiyaraa dan pada kitab
Ighatsah al-Lahafaan.
Ibnu Rajab
mengatakan, “Beliau melakukan beberapa kali haji dan berdiam di Makkah.
Penduduk Makkah senantiasa menyebutkan perihal beliau berupa kesungguhan dalam
ibadah dan banyaknya thawaf yang beliau kerjakan. Hal mana merupakan suatu yang
menakjubkan yang tampak dari diri beliau.” Dan disaat di Makkah inilah beliau
menulis kitab beliau Miftaah Daar as-Sa’adah wa Mansyuur Wilayaah Ahlil-Ilmi
wal-Iradah.
Keluasan
Ilmu Syaikhul Islam Ibnul Qayyim Dan Pujian Ulama terhadap beliau
Imam Ibnul
Qayyim rahimahullah sangat menonjol dalam ragam ilmu-ilmu islam. Dalam setiap
disiplin ilmu beliau telah memberikan sumbangsih yang sangat besar.
Murid
beliau, al-Hafizh Ibnu Rajab al-Hanbali, mengatakan, “Beliau menyadur fiqh
dalam mazhab Imam Ahmad, dan beliau menjadi seorang yang menonjol dalam mazhab
dan sebagai seorang ahli fatwa. Beliau menyertai Syaikhul Islam Taqiyuddin dan
menimba ilmu darinya. Beliau telah menunjukkan kemahiran beliau dalama banyak
ilmu-ilmu Islam. Beliau seorang yang mengerti perihal ilmu Tafsir yang tidak
ada bandingannya. Dalam ilmu Ushul Fiqh, beliau telah mencapai puncaknya.
Demikian pula dalam ilmu hadits dan kandungannya serta fiqh hadits, segala
detail inferensi dalil, tidak ada yang menyamai beliau dlam hal itu. Sementara
dalam bidang ilmu Fiqh dan ushul Fiqh serta bahasa Arab, beliau memiliki jangkauan
pengetahuan yang luas. Beliau juga mempelajari ilmu Kalam dan Nahwu serta
ilmu-ilmu lainnya. Beliau seorang yang alim dalam ilmu suluk serta mengerti
secara mendalam perkataan dan isyarat-isyarat ahli tasawuf serta hal-hal
spesifik mereka. Beliau dalam dalam semua bidang keilmuan ini memiliki
jangkauan yang luas.”
Murid beliau
yang lain, yakni al-Hafizh al-Mufassir Ibnu Katsir mengatakan, “Beliau menyimak
hadits dan menyibukkan diri dalam ilmu hadits. Dan beliau menunjukkan
kematangan dalam banyak ragam ilmu Islam terlebih dalam ilmu Tafsir, hadits dan
Ushul Fiqh serta Qawa`id Fiqh. Ketika Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah kembali ke
negeri Mesir, beliau lalu mulazamah kepadanya hngga Syaikhul islam wafat.
Beliau menimba ilmu yang sangat banyak darinya disertai dengan kesibukan beliau
dalam hal ilmu sebelumnya. Akhirnya beliau adalah yang paling diunggulkan dalam
banyak ilmu-ilmu Islam, …”
Adz-Dzahabi
berkata, “Beliau telah memberikan perhatian pada ilmu hadits, matan maupun
tentang hal ihwal perawinya. Dan beliau juga berkecimpung dalam ilmu fiqh, dan
membaguskan penempatannya, …”
Ibnu Nashiruddin ad-Dimasyqi berkata, “Beliau menguasai banyak ilmu-ilmu Islam telebih dalam ilmu tafsir, ushul baik berupa inferensi zhahir maupun yang tersirat (mafhum).”
Ibnu Nashiruddin ad-Dimasyqi berkata, “Beliau menguasai banyak ilmu-ilmu Islam telebih dalam ilmu tafsir, ushul baik berupa inferensi zhahir maupun yang tersirat (mafhum).”
Al-‘Allamah
ash-Shafadi mengatakan, “Beliau sangat menyibukkan diri dengan ilmu dan dalam
dialog. Juga bersungguh-sungguh dan terfokuskan dalam menuntut ilmu. Beliau
telah menulis banyak karya ilmiyah dan menjadi salah seorang dari imam-imam
terkemuka dalam ilmu tafsir, hadits, ushul fiqh maupun ushul ilmu kalam,
cabang-cabang ilmu bahasa Arab. Syaikhul islam Ibnu Taimiyah tidaklah
meninggalkan seorang murid yang semisal dengannya.”
Pujian juga
datang dari banyak ulama besar lainnya, semisal dari imam al-‘Allamah Ibnu
Taghribardi, al-‘Allamah al-Miqriizi, al-Hafizh Ibn Hajar al-‘Asqalaani,
al-Imam asy-Suyuthi, al-‘allamah asy-Syaukani dan selainnya.
Guru-guru
beliau
Berikut ini
adalah nama-nama masyaikh/guru-guru beliau yang terkenal,
- Ayahanda beliau yaitu Abu Bakar bin Ayyub bin Sa’ad az-Zura’I ad-Dimasyqi. Dimana Ibnul Qayyim menyadur ilmu Faraidh dari beliau.
- Abu Bakar bin Zainuddin Ahmad bin Abdu ad-Daa`im bin Ni’mah an-Naabilisi ash-Shalihi. Beliau dijuluki al-Muhtaal. (wafat 718 H)
- Syaikhul Islam Taqiyuddin Abu al-‘Abbas Ahmad bin Abdul Halim bin Abdissalam bin Abil-Qasim bin Taimiyah al-Harrani ad-Dimasyqi al-Hanbali. (wafat 728 H). Beliau adalah guru Ibnul Qayyim yang paling populer, dimana Ibnul Qayyim rahimahullah mulazamah dalam banyak bidang-bidang keilmuan darinya.
- Abu al-‘Abbas Ahmad bin Abdurrahman bin Abdul Mun’im bin Ni’mah Syihabuddin an-Nabilisi al-Hanbali. 9wafat 697 H).
- Syamsuddin abu Nashr Muhammad bin ‘Imaduddin Abu al-Fadhl Muhammad bin Syamsuddin Abu Nashr Muhammad bin Hibatullah al-Farisi ad-Dimasyqi al-Mizzi. (wafat 723 H)
- Majduddin Abu Bakar bin Muhammad bin Qasim al-Murasi at-Tuunisi. 9wafat 718 H)
- Abu al-Fida` Ismail bin Muhammad bin Ismail bin al-Farra` al-Harrani ad-Dimasyqi, syaikhul Hanabilah di Damaskus. (wafat 729 H)
- Shadruddin Abu al-Fida` Ismail bin Yusuf bin Maktum bin Ahmad al-Qaisi as-Suwaidi ad-Dimasyqi (wafat 716 H)
- Zainuddin Ayyub bin Ni’mah bin Muhammad bin Ni’mah an-Naabilisi ad-Dimasyqi al-Kahhaal. (wafat 730 H).
- Taqiyuddin Abu al-Fadhl Sulaiman bin Hamzah bin Ahmad bin Umar bin qudamah al-Maqdisi ash-Shalihi al-Hanbali. (wafat 715 H).
- Syarafuddin Abdullah bin Abdul Halim bin Taimiyah al-Harrani ad-Dimasyqi, saudara Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah. (wafat 727 H).
- ‘Alauddin Ali bin al-Muzhaffar bin Ibrahim Abul hasan al-Kindi al-Iskandari ad-Dimasyqi. (wafat 716 H)
- Syarafuddin Isa bin Abdurrahman bin Ma’aali bin Ahmad al-Mutha’im Abu Muhammad al-Maqdisi ash-Shalihi al-hanbali. (wafat 717 H)
- Fathimah binti asy-Syaikh Ibrahim bin Mahmud bin Jauhar al-Ba’labakki. (wafat 711 H).
- Baha`uddin Abul al-Qasim al-Qasim bin asy-Syaikh Badruddin Abu Ghalib al-Muzhaffar bin Najmuddin bin Abu ats-Tsanaa` Mahmud bin Asakir ad-Dimasyqi. (wafat 723 H).
- Qadhi Qudhaat Badruddin Muhammad bin Ibrahim bin Sa’adullah bin Jama`ah al-Kinaani al-Hamawi asy-Syafi’i. (wafat 733 H).
- Syamsuddin Abu Abdillah Muhammad bin Abu al-Fath bin Abu al-Fadhl al-Ba’labakki al-Hanbali. (wafat 709 H)
- Shafiyuddin Muhammad bin Abdurrahim bin Muhammad al-Armawi asy-Syafi’I al-Mutakallim al-Ushuli, Abu Abdillah al-Hindi. (wafat 715)
- Al-Hafizh Yusuf bin Zakiyuddin Abdurrahman bin Yusuf bin Ali al-Halabi al-Mizzi ad-Dimasyqi. (wafat 742 h).
Murid-murid
beliau
Ketenaran al-Imam Ibnul
Qayyim rahimahullah serta kedudukan ilmiyah beliau yang tinggi
menjadikan banyak klangan ulama terkenal yang mengagungkan dan berguru kepada
beliau. Demikian banyak ulama dan selain mereka yang mengambil ilmu dan
berdesakan di majlis Ibnul Qayyim rahimahullah. Dari mereka yang menimba ilmu
dari Ibnul Qayyim, bermunculan para pakar dibidang ilmu tertentu. Diantara
murid-murid beliau,
- Anak beliau Burhanuddin bin al-Imam Ibnul Qayyim.
- Anak beliau Jamaluddin bin al-Imam Ibnul Qayyim.
- Al-Hafizh al-Mufassir Abu al-Fida` Ismail bin Umar bin Katsir al-Qaisi ad-Dimasyqi.
- Al-Hafizh Zainuddin Abdurrahman bin Ahmad bin Rajab al-Hasani al-Baghdadi al-Habali.
- Syamsuddin Abu Abdillah Muhammad bin Ahmad bin Abdul hadi bin Yusuf bin Qudamah al-Maqdisi ash-Shalihi.
- Syamsuddin Abu Abdullah Muhammad bin Abdul Qadir bin Muhyiddin Utsman al-Ja’fari an-Naabilisi al-Hanbali.
- Dan lain sebagainya.
Kepribadian
Syaikhul Islam Ibnul Qayyim
Syaikhul
Islam Ibnul Qayyim rahimahullah, selain dikenal dengan keluasan ilmu dan
pengetahuan beliau akan ilmu-ilmu Islam, beliau juga seorang yang tidak
melupakan hubungan beliau dengan penciptanya. Adalah beliau seorang yang
dikenal dengan sifat-sifat mulia, baik dalam ibadah maupun akhlak dan prilaku
beliau. Beliau adalah seorang yang senantiasa menjaga peribadatan dan
kekhusyu’an dalam ibadah. Selalu berinabah dan menundukkan hati kepada-Nya.
Seluruh waktu beliau habis tercurah untuk wirid, dzikir dan ibadah. Beliau juga
seorang yang dikenal dengan banyaknya tahajjud, sifat wara`, zuhud, muraqabah
kepada Allah dan segala bentuk amal-amal ibadah lainnya. Kitab-kitab beliau
semisal Miftaah Daar as-Sa’adah, Madaarij as-Salikin, al-Fawaa`id, Ighatsah
al-ahafaah, thariiq al-Hijratain dan selainnya adalah bukti akan keutamaan
beliau dalam hal ini.
Al-Hafizh
Ibnu Rajab al-hanbali berkata, “Adalah beliau seorang yang selalu menjaga
ibadah dan tahajjud. Beliau seringkali memanjangkan shalat hingga batas yang
lama, mendesah dan berdesis dalam dzikir, hati beliau diliputi rasa cinta
kepada-Nya, senantiasa ber-inabah dan memohon ampunan dari-Nya, berserah diri
hanya kepada Allah, … tidaklah saya pernah melihat yang semisal beliau dalam
hal itu, dan juga saya belum pernah melihat seseorang yang lebih luas wawasan
keilmuan dan pengetahuan akan kandungan makna-makna al-qur`an dan as-Sunnah
serta hakikat kimanan dari pada beliau. Beliau tidaklah ma’shum, akan tetapi
saya belum melihat semisal beliau dalam makna tersebut.”
Al-Hafizh
Ibnu Katsir berkata, menyifati panjangnya shalat beliau, “Saya tidak mengetahui
seorang alim di muka bumi ini pada zaman kami yang lebih banyak ibadahnya
dibandingkan dengan beliau. Beliau sangatlah memanjangkan shalat, melamakan
ruku’ dan sujud, …”
Al-Hafizh
Ibnu Hajar berkata menyifati diri beliau, “Beliau rahimahullah, biasanya
setelah mengerjakan shalat shubuh duduk ditempat beliau berdzikir kepada Allah
hingga hari telah meninggi.”
Dan adalah beliau –Ibnul Qayyim- berkata, “Dengan kesabaran dan kemiskinan akan teraih kepemimpinan dalam hal agama.”
Dan beliau juga berkata, “Haruslah bagi seorang yang meniti jalan hidayah memiliki kemauan kuat yang akan mendorongnya dan mengangkatnya serta ilmu yang akan menjadikannya mengerti/yakin dan memberinya hidayah/petunjuk.”
Dan adalah beliau –Ibnul Qayyim- berkata, “Dengan kesabaran dan kemiskinan akan teraih kepemimpinan dalam hal agama.”
Dan beliau juga berkata, “Haruslah bagi seorang yang meniti jalan hidayah memiliki kemauan kuat yang akan mendorongnya dan mengangkatnya serta ilmu yang akan menjadikannya mengerti/yakin dan memberinya hidayah/petunjuk.”
Sementara
akhlak dan kepribadian beliau dalam mu’amalah, sebagaimana yang disampaikan
oleh al-Hafizh Ibnu Katsir, “Beliau seorang yang sangat indah bacaan
al-qur`an-nya serta akhlak yang terpuji. Sangat penyayang, tidak sekalipun
bliau hasad kepada seseorang dan tidka juga menyakitinya. Beliau tidak pernah
mencerca dan berlaku dengki kepada siapapun juga. Saya sendiri adalah orang
yang paling dekat dan paling mencintai beliau.”
Beliau juga mengatakan, “Dan sebagian besa ryang tampak pada diri beliau adalah keaikan dan akhlak yang shalih.”
Beliau juga mengatakan, “Dan sebagian besa ryang tampak pada diri beliau adalah keaikan dan akhlak yang shalih.”
Karya Ilmiah
beliau
Karya
ilmiyah syaikhul islam Ibnul Qayyim sangatlah banyak dan dalam berbagai jenis
disiplin keilmuan. Asy-Syaikh al-‘Allamah Bakr bin Abu Zaid mengumpulkan karya
ilmiyah beliau dan mencapai 96 judul, diantaranya yang populer,
- Kitab Zaad al-Ma’ad al-hadyu ilaa Sabiil ar-Rasyaad.
- A’laam al-Muwaqqi’in ‘an Rabbil ‘alamiin.
- Ahkaam Ahli adz-Dzimmah.
- Madaarij as-Saalikin.
- Tuhfah al-Maudud bi-Ahkaam al-mauluud.
- Ath-Thuruq al-Hukmiyah fii as-Siyasah asy-Syar’iyah.
- Ighatsah al-Lahafaan.
- Ash-Shawaa`iq al-Mursalah ‘ala al-Jahmiyah wal-Mu’aththilah.
- Al-Furusiyah.
- Ash-shalah wa Hukmu Taarikihaa.
- Ijtima’ al-Juyusy al-Islamiyah ‘ala Ghazwi al-Mu’aththliah wal-Jahmiyah.
- Syifa`u al-‘alil fii Masaa`il al-Qadha` wal-Qadar wal-Hikmah wat-Ta’liil.
- Al-Kafiyah asy-Syafiyah fii al-Intishar lil-Firqah an-Najiyah.
- ‘Iddah ash-Shabirina wa Dzakhirah asy-Syakirin.
- Ad-Daa`u wad-Dawaa’u
- Bada’I al-Fawaa`id.
- Al-Fawaa`id
- Miftaah Daar as-Sa’adah
- Al-Manaar al-Muniif fii ash-Shahih wadh-Dha’if.
- Tahdzib Sunan Abi Dawud wa iidhah Muskilaatihi wa ‘Ilalihi.
- Hidayah al-Hiyaara fii Ajwibah al-Yahuud wan-Nashaara.
- Dan masih banyak lagi lainnya.
Wafat beliau
Beliau wafat
pada malam kamis pada tanggal tiga belas Rajab pada sat adzan isya tahun 751 H.
Dimana beliau telah memasuki usia enam puluh tanuh. Dan beliau dishalatkan pada
keesokan harinya di masjid jami’ al-Umawi setelah shalat dhuhur. Dan beliau
dimakamkan di pemakaman al-Bab ash-shaghir disambing makam ibnuda beliau.
Pemakaman beliau turut dipersaksikan oleh para qadhi, kaum terkemuka,
tokoh-tokoh agama dan pemerintahan serta orang-orang yang shalih dan khalayak
ramai. Semoga Allah merahmati beliau dan melapangkan kediaman beliau dialam
berikutnya.
Referensi:
KisahMuslim.com
Komentar