Langsung ke konten utama

Catatan Tentang Rusia



Estate adalah sebuah kelompok sosial dari masyarakat pra-kapitalis atau feodalisme yang memiliki hak-hak dan tugas-tugas yang ditentukan oleh hukum. Ini berbeda dengan kelas. Misalkan kaum pendeta adalah sebuah estate dan bukanlah sebuah kelas. Di Zaman Pertengahan Eropa, secara umum ada tiga estate: kaum pendeta (estate pertama), kaum aristokrat (estate kedua), dan rakyat secara umum (estate ketiga) yang mencakupi kaum tani, para tukang, pekerja dan kaum borjuasi (semuanya yang bukan anggota estate pertama dan kedua). Pada 1789, 96% populasi di Prancis adalah dari estate ketiga.
 Adam Smith (1723-1790) adalah seorang ahli ekonomi dari Skotlandia, yang pertama kali menyelesaikan sebuah teori komprehensif mengenai ekonomi-politik. Dia dianggap sebagai bapak dari ekonomi moderen.
 Periode Novgorod adalah periode republik Novgorod di Rusia, yang merupakan zaman pertengahannya Rusia dari 1136-1478.
 Zaman-Pertengahan adalah suatu periode di Eropa, dari jatuhnya Kekaisaran Romawi pada abad ke-5 hingga abad ke-15.
Golden Horde adalah istilah Rusia untuk orang Mongolia.
Streltsi adalah unit rejimen di Rusia dari abad ke-16 hingga abad ke-18
 Pavel Milyukov (1859-1943) adalah pendiri Partai Konstitusional Demokratik atau Kadet, sebuah partai borjuis liberal di Rusia. Setelah Revolusi Februari, Milyukov menjabat sebagai Menteri Luar Negeri dalam Pemerintahan Sementara. Pada 20 April, dia mengirim surat atas nama Pemerintahan Sementara kepada pihak Sekutu bahwa Rusia siap untuk melanjutkan perang hingga “kemenangan akhir”. Surat ini bocor dan dia dipaksa mundur pada Mei 1917 akibat demonstrasi besar-besaran dari rakyat Rusia yang mengehendaki berakhirnya perang. Pada Agustus 1917, Milyukov mendukung usaha kudeta Kornilov terhadap Pemerintahan Sementara. Mengikuti kegagalan ini, Milyukov meninggalkan Rusia, kemudian membantu Tentara Putih yang menyerang Uni Soviet.
 Legion d’Honneur adalah sebuah orde kemiliteran Prancis yang diciptakan oleh Napolen Bonaparte pada 1802.
 Cukup mudah untuk mengingat ciri-ciri khusus dari relasi yang sesungguhnya antara Negara dan sekolah, bahwa sekolah adalah produk ‘artifisial’ dari Negara, seperti halnya pabrik. Usaha pendidikan Negara menggambarkan ‘keartifisialan’ ini. Murid-murid yang bolos dirantai. Seluruh sekolah dirantai. Belajar adalah bentuk pelayanan. Murid-murid dibayar gaji, dsb. dsb. – L.T.
 Peperangan Rusia-Jepang berlangsung dari 1904-1905, dimana Rusia dan Jepang berperang untuk merebut daerah Manchuria dan Korea.
 Bahkan kaum birokrat revolusioner seperti Profesor Mendeleyev tidak dapat memungkiri ini. Berbicara mengenai perkembangan industri, dia mengamati: “Kaum sosialis melihat ada sesuatu di sini dan bahkan setengah memahaminya, tapi kemudian mereka takabur, mengikuti Latinisme [!], menyerukan penggunaan kekerasan, memanfaatkan insting massa yang brutal dan berjuang demi revolusi dan kekuasaan.” (Towards the Understanding of Russia, hal. 120) – L.T.
 Narodnik adalah gerakan revolusioner Rusia pada 1860an dan 1870an. Gerakan ini dimotori oleh kaum muda dan intelektual dari kota-kota, yang percaya bahwa kaum tani adalah kelas revolusioner yang akan menggulingkan monarki, menganggap komune desa sebagai embrio Sosialisme. Gerakan ini menemui kegagalan besar, dan lalu berkembang menjadi gerakan terorisme yang berusaha menggulingkan monarki Tsar dengan pembunuhan terhadap petinggi-petinggi negara

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tembang Macapat Pangkur dan Maknanya

Tembang macapat pangkur banyak digunakan pada tembang-tembang yang bernuansa Pitutur (nasihat), pertemanan, dan cinta. Baik rasa cinta kepada anak, pendamping hidup, Tuhan dan alam semesta. Banyak yang memaknai tembang macapat pangkur sebagai salah satu tembang yang berbicara tentang seseorang yang telah menginjak usia senja, dimana orang tersebut mulai mungkur atau mengundurkan diri dari hal-hal keduniawian. Oleh karena itu sangat banyak tembang-tembang macapat pangkur yang berisi nasihat-nasihat pada generasi muda. (baca juga : Macapat Pangkur, Meninggalkan Urusan Duniawi) Salah satu contoh tembang macapat pangkur yang populer di masyarakat adalah karya KGPAA Mangkunegoro IV yang tertuang dalam Serat Wedatama, pupuh I, yakni : Mingkar-mingkuring ukara (Membolak-balikkan kata) Akarana karenan mardi siwi (Karena hendak mendidik anak) Sinawung resmining kidung (Tersirat dalam indahnya tembang) Sinuba sinukarta (Dihias penuh warna ) Mrih kretarta pakartining ilmu luhun

HAKIKAT SHOLAT MENURUT SYEKH SITI JENAR

http://www.javalaw-bmg.blogspot.com Peliharalah shalatmu dan shalat wustha. Berdirilah untuk Allah (dalam shalat) yang khusyuk (QS Al. Baqarah / 2:238). Ini adalah penegasan dari Allah tentang kewajiban dan keharusan memelihara shalat, baik segi dzahir maupun batin dengan titik tekan khusyuk, kondisi batin yang mantap. Secara lahir, shalat dilakukan dengan berdiri, membaca Al-Fatihah , sujud, duduk dsb. Kesemuanya melibatkan keseluruhan anggota badan. Inilah shalat jasmani dan fisikal. Karena semua gerakan badan berlaku dalam semua shalat, maka dalam ayat tersebut disebut shalawaati (segala shalat) yang berarti jamak. Dan ini menjadi bagian pertama, yakni bagian lahiriah. Bagian kedua adalah tentang shalat wustha, yaitu yang secara sufistik adalah shalat hati. Wustha dapat diartikan pertengahan atau tengah-tengah. Karena hati terletak di tengah, yakni di tengah diri, maka dikatakan shalat wustha sebagai shalat hati. Tujuan shalat ini adalah untuk mendapatkan kedamaian dan

Surat Penawaran Jasa Desain Grafis

SURAT PENAWARAN JASA Banyumas, 27 September 2013 Nomor             :    27/EM/offr/2013 Lampiran          :   1 CD contoh hasil kerja Perihal            :   Penawaran Jasa Desain Grafis Kepada, Yth. PT   Selaras Sentosa Jl S. Parman Purwokerto Selatan Dengan hormat, Kami, CV Elsa Advertising, adalah perusahaan multimedia yang bergerak di bidang desain grafis dan percetakan. Kami menerima desain grafis mulai dari desain logo, pamflet, flyer, poster, x banner dan lain-lain, juga menyediakan jasa printing untuk kebutuhan periklanan. Apabila perusahaan Bapak membutuhkan desain logo ataupun desain banner sekaligus cetak, kami siap membantu perusahaan anda. Kepuasan pelanggan merupakan tujuan kami bekerja dan kami akan buktikan semua itu jika Bapak berkenan mempercayakan desain dan printing melalui layanan kami. Garansi jika belum puas boleh direvisi tanpa batas selama hasil design belum dicetak. Demikian surat penawaran ini kami ajukan. Dan