Langsung ke konten utama

SILABUS PERPAJAKAN 1 UNIVERSITAS INDONESIA, FAKULTAS EKONOMI



Deskripsi Mata Ajaran

Mata ajaran ini akan membahas konsep pajak, definisi, dan permasalahan dalam pemungutan pajak. Berikutnya akan dibahas secara komprehensif mengenai Pajak Penghasilan baik tentang konsep penghasilan maupun konsep penerapan perhitungan PPh pasal 21, 22, 23, 24, 25, 26 dan 29. Pada bagian akhir, juga akan dibahas mengenai Pajak Pertambahan Nilai dan Pajak Penjualan atas Barang Mewah. 

Jenis              : Wajib
Jumlah SKS    : 3

Tujuan

Tujuan yang berkaitan dengan peningkatan kemampuan kognitif adalah agar mahasiswa:
1.    Mengetahui dan memahami konsep-konsep dasar dalam perpajakan dan permasalahan yang muncul dalam pemungutan pajak
2.    Mampu melakukan perhitungan, pencatatan, pelaporan dan perencanaan perpajakan untuk wajib pajak badan dan pribadi
3.    Mampu melakukan perhitungan, pencatatan dan pelaporan Pajak Pertambahan Nilai dan Pajak Penjualan atas Barang Mewah sesuai dengan ketentuan yang berlaku di Indonesia.




Tujuan yang berkaitan dengan pengembangan kepribadian (soft-skill) adalah:

Deskripsi

Pengembangan ketrampilan teknis
Ada
Pengembangan ketrampilan analitikal
Ada
Pengembangan ketrampilan penetapan tujuan (goal setting)

Pengembangan ketrampilan mengelola waktu

Pengembangan ketrampilan menulis

Pengembangan ketrampilan presentasi (public speaking)
Ada
Pengembangan ketrampilan kerjasama kelompok
Ada
Pengembangan kepercayaan diri
Ada
Pengembangan ketrampilan memecahkan masalah
Ada
Pengembangan ketrampilan Bahasa Inggris


Mata Ajaran Prasyarat
           
Pengantar Akuntansi 2 (ACCT 11103)

Bahan Bacaan

Wajib:
~    Undang-Undang Perpajakan

Pelengkap:
·         Waluyo, Perpajakan Indonesia, Penerbit Salemba 4, 2007. (W)
·         Peraturan Perpajakan lainnya (KMK, PMK, SE, Surat Dirjen Pajak, dll)
·         Bacaan lainnya (Indonesia Tax Review, Jurnal Perpajakan Indonesia, dll)

Metode Pengajaran

Dalam setiap pertemuan, mahasiswa diberikan penjelasan konsep-konsep sesuai dengan pokok bahasan dan cara pengajaran sebagai tutorial dan sebagian diskusi.
Dalam diskusi dapat berupa :
-          pertanyaan/kasus yang dibutuhkan oleh dosen
-          Penyajian kasus oleh kelompok yang ditugaskan
-          Mahasiswa wajib mengajukan pertanyaan setelah penyampaian makalah oleh kelompok penyaji
Pembahasan akhir setelah diskusi oleh dosen






Rincian metode pengajaran yang digunakan pada mata ajaran ini adalah:

Deskripsi Metode

Pengerjaan Kasus
Ada
Kuliah
Ada
Diskusi Kelas
Ada
Proyek Kelompok

Laboratorium (in-class experiential exercises)
Ada
Penggunaan komputer

Proyek penelitian independen

Pembelajaran kerjasama (cooperative learning)
Ada


Tugas dan Makalah

Mahasiswa dibagi ke dalam 8 kelompok, 2 kelompok akan membahas 1 kasus dari beberapa topik ( pertemuan ke 3, 7, 10, 14).

Evaluasi Hasil Pembelajaran

Sistem evaluasi ditekankan pada proses pembelajaran sehingga setiap tahapan proses mahasiswa akan dinilai baik oleh dosen maupun oleh asisten dengan aturan penilaian dan prosentase sebagai berikut :
1. Presentasi                         : 60-100
2. Memberi pertanyaan       : 60-100
3. Menjawab pertanyaan    : 50-100
Unsur penilaian dan bobot
    a. Penulisan makalah kelompok dan presentasi                   20%
    b. Jawaban pertanyaan diskusi dan pertanyaan                   10%
    c. Ujian Tengah Semester                                                          25%
    d. Ujian akhir                                                                                30%
    e. Laboratorium/Asistensi                                                           15%

Catatan:

·         Kelas Asistensi merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam proses belajar mengajar. Oleh karena itu asisten dosen HARUS berkoordinasi dengan dosen; antara lain dengan meningkatkan komunikasi antara asisten dan dosen, koordinasi dalam pemberian soal dan nilai, dan kewajiban sit in bagi asisten di  kelas dosen, minimal 2x (1 pertemuan sebelum UTS dan sesudah UTS)

·         Untuk memperdalam pemahaman mahasiswa mengenai teori yang sudah dijelaskan oleh dosen di kelas maka pembahasan di kelas asistensi ditekankan pada pembahasan soal/latihan, baik dari buku referensi maupun dari UTS dan UAS tahun-tahun sebelumnya. 

·         Asisten dosen WAJIB memberikan soal-soal untuk Pekerjaan Rumah dan kuis dan menyerahkan nilai PR dan kuis tersebut kepada dosen yang bersangkutan paling lambat pada periode UTS (untuk nilai PR dan kuis yang diberikan pada sesi-sesi sebelum UTS) dan pada periode UAS (untuk nilai PR dan kuis yang diberikan pada sesi-sesi sebelum UAS)

  • Kuis paralel direncanakan diberikan di sesi asistensi sebelum UTS dan UAS (2 x ). Koordinator asisten dosen WAJIB mengkoordinir pembuatan soal kuis bersama para asisten dosen lainnya. Selain kuis paralel, asisten dosen dapat memberikan kuis non-paralel untuk kelasnya masing-masing.

Kehadiran

Sesuai dengan aturan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, ketidakhadiran tanpa keterangan maksimum adalah 25%. Bagi mereka yang tingkat ketidakhadirannya lebih dari 25% tidak diperbolehkan mengikuti ujian akhir.

Plagiarisme

Plagiarisme adalah memasukkan kata-kata/kalimat/ide orang lain sebagian atau seluruhnya tanpa menyebutkan sumbernya. Jika mahasiswa memasukkan kata-kata/kalimat dari penulis lain, harus disebutkan sumbernya.
Plagiarisme termasuk juga menyalin (mengkopi) sebagian atau seluruh pekerjaan mahasiswa lain atau menyalin (mengkopi) dari buku, jurnal, web, majalah koran dan lain-lain
Plagiarisme juga mencakup oto-plagiarisme yaitu memasukkan kata-kata/kalimat/ide sendiri yang berasal dari tugas/makalah yang telah dikumpulkan untuk penilaian dengan tanpa menyebutkan sumbernya
Sesuai dengan aturan tata tertib dan kode etik kemahasiswaan seperti yang tercantum di Buku Pedoman FEUI, mahasiswa dilarang melakukan plagiarisme dan akan dikenakan sanksi jika terbukti melakukan plagiarisme.
Sanksi jika melakukan plagiarisme:
·         Satu kali, sekurang-kurangnya makalah diberi nilai nol, maksimum F
·         Dua kali, mata ajaran terkait diberi nilai F
·         Tiga kali, dikeluarkan dari FEUI

Bagi mahasiswa yang mendapatkan tugas membuat makalah/paper, harus menyertakan Statament of Authorship berikut ini di halaman depan makalah/papernya.


Statement of Authorship

Saya/kami yang bertandatangan dibawah ini menyatakan bahwa makalah/tugas terlampir adalah murni hasil pekerjaan saya/kami sendiri. Tidak ada pekerjaan orang lain yang saya/kami gunakan tanpa menyebutkan sumbernya.

Materi ini tidak/belum pernah disajikan/digunakan sebagai bahan untuk makalah/tugas pada mata ajaran lain kecuali saya/kami menyatakan dengan jelas bahwa saya/kami menyatakan menggunakannya.

Saya/kami memahami bahwa tugas yang saya/kami kumpulkan ini dapat diperbanyak dan atau dikomunikasikan untuk tujuan mendeteksi adanya plagiarisme.”

Nama                         :
NPM                           :
Tandatangan                        :
Mata Ajaran               :
Judul Makalah/Tugas         :
Tanggal                     :
Dosen                                    :
(Dibuat oleh seluruh anggota kelompok)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tembang Macapat Pangkur dan Maknanya

Tembang macapat pangkur banyak digunakan pada tembang-tembang yang bernuansa Pitutur (nasihat), pertemanan, dan cinta. Baik rasa cinta kepada anak, pendamping hidup, Tuhan dan alam semesta. Banyak yang memaknai tembang macapat pangkur sebagai salah satu tembang yang berbicara tentang seseorang yang telah menginjak usia senja, dimana orang tersebut mulai mungkur atau mengundurkan diri dari hal-hal keduniawian. Oleh karena itu sangat banyak tembang-tembang macapat pangkur yang berisi nasihat-nasihat pada generasi muda. (baca juga : Macapat Pangkur, Meninggalkan Urusan Duniawi) Salah satu contoh tembang macapat pangkur yang populer di masyarakat adalah karya KGPAA Mangkunegoro IV yang tertuang dalam Serat Wedatama, pupuh I, yakni : Mingkar-mingkuring ukara (Membolak-balikkan kata) Akarana karenan mardi siwi (Karena hendak mendidik anak) Sinawung resmining kidung (Tersirat dalam indahnya tembang) Sinuba sinukarta (Dihias penuh warna ) Mrih kretarta pakartining ilmu luhun

HAKIKAT SHOLAT MENURUT SYEKH SITI JENAR

http://www.javalaw-bmg.blogspot.com Peliharalah shalatmu dan shalat wustha. Berdirilah untuk Allah (dalam shalat) yang khusyuk (QS Al. Baqarah / 2:238). Ini adalah penegasan dari Allah tentang kewajiban dan keharusan memelihara shalat, baik segi dzahir maupun batin dengan titik tekan khusyuk, kondisi batin yang mantap. Secara lahir, shalat dilakukan dengan berdiri, membaca Al-Fatihah , sujud, duduk dsb. Kesemuanya melibatkan keseluruhan anggota badan. Inilah shalat jasmani dan fisikal. Karena semua gerakan badan berlaku dalam semua shalat, maka dalam ayat tersebut disebut shalawaati (segala shalat) yang berarti jamak. Dan ini menjadi bagian pertama, yakni bagian lahiriah. Bagian kedua adalah tentang shalat wustha, yaitu yang secara sufistik adalah shalat hati. Wustha dapat diartikan pertengahan atau tengah-tengah. Karena hati terletak di tengah, yakni di tengah diri, maka dikatakan shalat wustha sebagai shalat hati. Tujuan shalat ini adalah untuk mendapatkan kedamaian dan

Surat Penawaran Jasa Desain Grafis

SURAT PENAWARAN JASA Banyumas, 27 September 2013 Nomor             :    27/EM/offr/2013 Lampiran          :   1 CD contoh hasil kerja Perihal            :   Penawaran Jasa Desain Grafis Kepada, Yth. PT   Selaras Sentosa Jl S. Parman Purwokerto Selatan Dengan hormat, Kami, CV Elsa Advertising, adalah perusahaan multimedia yang bergerak di bidang desain grafis dan percetakan. Kami menerima desain grafis mulai dari desain logo, pamflet, flyer, poster, x banner dan lain-lain, juga menyediakan jasa printing untuk kebutuhan periklanan. Apabila perusahaan Bapak membutuhkan desain logo ataupun desain banner sekaligus cetak, kami siap membantu perusahaan anda. Kepuasan pelanggan merupakan tujuan kami bekerja dan kami akan buktikan semua itu jika Bapak berkenan mempercayakan desain dan printing melalui layanan kami. Garansi jika belum puas boleh direvisi tanpa batas selama hasil design belum dicetak. Demikian surat penawaran ini kami ajukan. Dan