Deskripsi Mata Ajaran
Mata ajaran ini akan membahas konsep
pajak, definisi, dan permasalahan dalam pemungutan pajak. Berikutnya akan
dibahas secara komprehensif mengenai Pajak Penghasilan baik tentang konsep
penghasilan maupun konsep penerapan perhitungan PPh pasal 21, 22, 23, 24, 25,
26 dan 29. Pada bagian akhir, juga akan dibahas mengenai Pajak Pertambahan
Nilai dan Pajak Penjualan atas Barang Mewah.
Jenis : Wajib
Jumlah SKS : 3
Tujuan
Tujuan yang berkaitan dengan
peningkatan kemampuan kognitif adalah agar mahasiswa:
1.
Mengetahui dan
memahami konsep-konsep dasar dalam perpajakan dan permasalahan yang muncul
dalam pemungutan pajak
2.
Mampu melakukan
perhitungan, pencatatan, pelaporan dan perencanaan perpajakan untuk wajib pajak
badan dan pribadi
3.
Mampu melakukan
perhitungan, pencatatan dan pelaporan Pajak Pertambahan Nilai dan Pajak Penjualan
atas Barang Mewah sesuai dengan ketentuan yang berlaku di Indonesia.
Tujuan yang berkaitan dengan
pengembangan kepribadian (soft-skill) adalah:
Deskripsi
|
|
Pengembangan ketrampilan teknis
|
Ada
|
Pengembangan ketrampilan analitikal
|
Ada
|
Pengembangan ketrampilan penetapan
tujuan (goal setting)
|
|
Pengembangan ketrampilan mengelola
waktu
|
|
Pengembangan ketrampilan menulis
|
|
Pengembangan ketrampilan presentasi
(public speaking)
|
Ada
|
Pengembangan ketrampilan kerjasama
kelompok
|
Ada
|
Pengembangan kepercayaan diri
|
Ada
|
Pengembangan ketrampilan memecahkan
masalah
|
Ada
|
Pengembangan ketrampilan Bahasa
Inggris
|
Mata Ajaran
Prasyarat
Pengantar Akuntansi 2 (ACCT 11103)
Bahan Bacaan
Wajib:
~ Undang-Undang Perpajakan
Pelengkap:
·
Waluyo, Perpajakan
Indonesia, Penerbit Salemba 4, 2007. (W)
·
Peraturan
Perpajakan lainnya (KMK, PMK, SE, Surat Dirjen Pajak, dll)
·
Bacaan lainnya (Indonesia Tax Review,
Jurnal Perpajakan Indonesia, dll)
Metode
Pengajaran
Dalam setiap pertemuan, mahasiswa
diberikan penjelasan konsep-konsep sesuai dengan pokok bahasan dan cara
pengajaran sebagai tutorial dan sebagian diskusi.
Dalam diskusi dapat berupa :
-
pertanyaan/kasus
yang dibutuhkan oleh dosen
-
Penyajian kasus
oleh kelompok yang ditugaskan
-
Mahasiswa wajib
mengajukan pertanyaan setelah penyampaian makalah oleh kelompok penyaji
Pembahasan akhir setelah diskusi
oleh dosen
Rincian metode pengajaran yang
digunakan pada mata ajaran ini adalah:
Deskripsi Metode
|
|
Pengerjaan Kasus
|
Ada
|
Kuliah
|
Ada
|
Diskusi Kelas
|
Ada
|
Proyek Kelompok
|
|
Laboratorium (in-class experiential
exercises)
|
Ada
|
Penggunaan komputer
|
|
Proyek penelitian independen
|
|
Pembelajaran kerjasama (cooperative
learning)
|
Ada
|
Tugas dan
Makalah
Mahasiswa
dibagi ke dalam 8 kelompok, 2 kelompok akan membahas 1 kasus dari beberapa
topik ( pertemuan ke 3, 7, 10, 14).
Evaluasi
Hasil Pembelajaran
Sistem evaluasi ditekankan
pada proses pembelajaran sehingga setiap tahapan proses mahasiswa akan dinilai
baik oleh dosen maupun oleh asisten dengan aturan penilaian dan prosentase
sebagai berikut :
1. Presentasi : 60-100
2. Memberi pertanyaan : 60-100
3. Menjawab pertanyaan : 50-100
Unsur penilaian dan bobot
a. Penulisan makalah kelompok dan presentasi 20%
b. Jawaban pertanyaan diskusi dan pertanyaan 10%
c. Ujian Tengah Semester 25%
d. Ujian akhir 30%
e. Laboratorium/Asistensi 15%
Catatan:
· Kelas Asistensi merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam proses belajar mengajar. Oleh karena itu asisten dosen HARUS berkoordinasi dengan dosen; antara lain dengan meningkatkan komunikasi antara asisten dan dosen, koordinasi dalam pemberian soal dan nilai, dan kewajiban sit in bagi asisten di kelas dosen, minimal 2x (1 pertemuan sebelum UTS dan sesudah UTS)
· Untuk memperdalam pemahaman mahasiswa mengenai teori yang sudah dijelaskan oleh dosen di kelas maka pembahasan di kelas asistensi ditekankan pada pembahasan soal/latihan, baik dari buku referensi maupun dari UTS dan UAS tahun-tahun sebelumnya.
· Asisten dosen WAJIB memberikan soal-soal untuk Pekerjaan Rumah dan kuis dan menyerahkan nilai PR dan kuis tersebut kepada dosen yang bersangkutan paling lambat pada periode UTS (untuk nilai PR dan kuis yang diberikan pada sesi-sesi sebelum UTS) dan pada periode UAS (untuk nilai PR dan kuis yang diberikan pada sesi-sesi sebelum UAS)
- Kuis paralel direncanakan diberikan di sesi asistensi sebelum UTS dan UAS (2 x ). Koordinator asisten dosen WAJIB mengkoordinir pembuatan soal kuis bersama para asisten dosen lainnya. Selain kuis paralel, asisten dosen dapat memberikan kuis non-paralel untuk kelasnya masing-masing.
Kehadiran
Sesuai dengan aturan Fakultas
Ekonomi Universitas Indonesia, ketidakhadiran tanpa keterangan maksimum adalah
25%. Bagi mereka yang tingkat ketidakhadirannya lebih dari 25% tidak
diperbolehkan mengikuti ujian akhir.
Plagiarisme
Plagiarisme adalah memasukkan
kata-kata/kalimat/ide orang lain sebagian atau seluruhnya tanpa menyebutkan
sumbernya. Jika mahasiswa memasukkan kata-kata/kalimat dari penulis lain, harus
disebutkan sumbernya.
Plagiarisme termasuk juga menyalin
(mengkopi) sebagian atau seluruh pekerjaan mahasiswa lain atau menyalin
(mengkopi) dari buku, jurnal, web, majalah koran dan lain-lain
Plagiarisme juga mencakup
oto-plagiarisme yaitu memasukkan kata-kata/kalimat/ide sendiri yang berasal
dari tugas/makalah yang telah dikumpulkan untuk penilaian dengan tanpa
menyebutkan sumbernya
Sesuai dengan aturan tata tertib dan
kode etik kemahasiswaan seperti yang tercantum di Buku Pedoman FEUI, mahasiswa
dilarang melakukan plagiarisme dan akan dikenakan sanksi jika terbukti
melakukan plagiarisme.
Sanksi jika melakukan plagiarisme:
·
Satu kali,
sekurang-kurangnya makalah diberi nilai nol, maksimum F
·
Dua kali, mata
ajaran terkait diberi nilai F
·
Tiga kali,
dikeluarkan dari FEUI
Bagi mahasiswa yang mendapatkan tugas
membuat makalah/paper, harus menyertakan Statament
of Authorship berikut ini di halaman depan makalah/papernya.
Statement of
Authorship
“Saya/kami
yang bertandatangan dibawah ini menyatakan bahwa makalah/tugas terlampir adalah
murni hasil pekerjaan saya/kami sendiri. Tidak ada pekerjaan orang lain yang saya/kami gunakan tanpa menyebutkan
sumbernya.
Materi ini tidak/belum pernah disajikan/digunakan sebagai bahan untuk
makalah/tugas pada mata ajaran lain kecuali saya/kami menyatakan dengan jelas
bahwa saya/kami menyatakan menggunakannya.
Saya/kami memahami bahwa tugas yang saya/kami kumpulkan ini dapat
diperbanyak dan atau dikomunikasikan untuk tujuan mendeteksi adanya
plagiarisme.”
Nama :
NPM :
Tandatangan :
Mata Ajaran :
Judul Makalah/Tugas :
Tanggal :
Dosen :
(Dibuat oleh seluruh anggota
kelompok)
Komentar